Tips Mencegah Tindak Pelecehan Seksual pada Anak

Pelecehan seksual yang saat ini tengah marak terjadi di Indonesia menjadi sebuah trauma atau ketahukan tersendiri bagi para orang tua untuk tidak membiarkan anak mereka pergi jauh dari rumah dan membatasi segala macam aktivitas anak. Akan tetapi, jika orang tua terlalu membatasi gerak anak, ia tak bisa berkembang dengan baik, baik dari segi fisik maupun psikis. Secara cara yang tepat untuk membantu anak bisa terhindar dari maraknya pelecehan seksual, berikut tips yang bisa anda ikuti dengan baik.

Tips Mencegah Tindak Pelecehan Seksual pada Anak


Tumbuhkanlah keberanian pada anak

Ajarkan terhadap anak kamu jikalau dirinya diperlakukan tak baik sama satu orang, dirinya mesti berani menolak. Beliau mesti berani melaporkan ancaman perbuatan kekerasan pada orang yg akan melindunginya, seperti ortu, Pegawai keamanan, guru di sekolah, dll. Ajarkan anak-anak janganlah takut bila diancam satu orang atau diiming-imingi imbalan tertentu.

Memberikan baju yg tak terlampaui terbuka

Buat menghindari aksi yg tak diharapkan berlangsung kepada anak kita. Tak ada salahnya kamu memberikan baju yg sopan & tertutup. Lantaran kemungkinan baju yg terbuka bakal makin menarik perhatian para tersangka kriminil seksual terhadap anak.

Memperkenalkan fungsi organ intim

Perihal yg tak kalah utama merupakan, memberikan pengertian menyangkut organ intim. Memberi pengertian bahwa organ intim merupakan privasi yg tak boleh orang lain mengetahuinya. Ajarkan serta tentang hak privasi yg mesti dipunyai oleh anak-anak.

Jalin komunikasi bersama anak

Jalin pertalian komunikasi senyaman barangkali bersama anak. Orang lanjut usia yaitu ruangan pengaduan segala keluh kesah anak. Minta anak biar terbuka berkaitan segala gerakan yg sudah dikerjakan. Jadilah orang sepuh yg siap jadi ruang curahan hati bagi anak.

Mengajarkan nilai atau norma agama

Nilai-nilai keagamaan butuh ditanamkan buat menumbuhkan semangat tanggung jawab terhadap pribadi anak. beberapa perihal positif yg akan diambil dari mengajarkan nilai-nilai keagamaan. Seperti keadilan, kejujuran, kedisiplinan, respect pada kebaikan & berani menolak kejelekan.

Semoga dengan tips di atas, anak bisa terjauh dari pelecehan seksual, dan ia bisa tumbuh serta berkembang dengan baik sebagaimana anak seusianya saat ini.

Artikel menarik yang bisa disimak : Manfaat Mengajarkan Anak Menari Sejak Dini

0 Response to "Tips Mencegah Tindak Pelecehan Seksual pada Anak"

Posting Komentar